Sejarah Kekuasaan Adolf Hitler dan Nazi

Sejarah Kekuasaan Adolf Hitler dan Nazi — Bermula pada tanggal 20 April 1889 dimana saat itu seorang anak yang kelak menjadi pemimpin Nazi ini dilahirkan di sebuah kota bernama Branau am Inn, Austria. Hitler menjadi kanselir Jerman pada tahun 1933 hingga tahun 1945 dan diktator dari Nazi Jerman sejak 1934 hingga 1945. Hitler dan Nazi yang ada di bawah komandonya menjadi titik pusat dari Perang Dunia II di Eropa dan Holocaust.

sejarah adolf hitler

Jalan Hidup Adolf Hitler

Awal lahirnya sang pemimpin nazi Adolf Hitler dimulai oleh Alois Hitler yang merupakan anak di luar pernikahan dari Maria Anna Schicklgruber. Alois diangkat anak oleh keluarga dari Johann Nepomuk Hiedler setelah ibunya meninggal pada tahun 1847, dan pada tahun 1876 ia diresmikan dan di catatan baptisnya, tertulis Georg Hiedler sebagai ayahnya. Alois menikahi Klara Polzl pada tahun 1885 dan melahirkan Adolf Hitler sebagai anak keempatnya pada tahun 1889.

Pada tahun 1895, Alois memilih untuk pensiun dan kembali pulang ke rumah kecil di Hafeld tempat dia beternak lebah. Perpindahan keluarga ini ke Hafeld memulai sebuah pertikaian antara ayah dan anak yang disebabkan oleh ketidak-inginan Hitler untuk menghadapi disiplin yang ada di sekolahnya. Setelah usaha ternak lebah milik Alois gagal, keluarga Hitler kembali pindah ke Lambach di tahun 1897. Pada tahun 1898, keluarga Hitler pindah kembali secara permanen ke Leonding. Adik laki-laki Hitler, Edmund, meninggal pada tahun 1900 dikarenakan oleh campak. Sepeninggalan adiknya, Hitler berubah menjadi anak yang mudah murung dan cemberut, juga sering bertengkar dengan ayah dan guru-gurunya di sekolah.

Seperti kebanyakan masyarakat Jerman Austria, Hitler mulai memiliki rasa nasionalis sejak muda yang nantinya akan menjadi pupuk pembentuk sejarah Nazi dan Adolf Hitler di mata dunia. Hitler tetap loyal hanya kepada Jerman dan mengutuk berkurangnya kekuatan dari Monarki Habsburg dan daerahnya. Hitler dan teman-temannya bahkan menyanyikan lagu Deutschlandlied, bukannya lagu kebangsaan yang dimiliki tentara Austria.

Pada tanggal 3 Januari 1903, Alois meninggal tanpa pertanda apapun sebelumnya. Hal ini kemudian berjalan seiring dengan performa Hitler yang terus menurun dan pada akhirnya, ibunya memperbolehkan ia untuk keluar dari sekolah. Ia kemudian mendaftar di Realshucle yang terletak di Steyr pada 1904 dan lulus pada tahun 1905 tanpa ambisi melanjutkan studi ataupun rencana karir sehabis menjalani pengulangan tes terakhir.

Pada saat Perang Dunia I pecah, Hitler sedang tinggal di Munich dan menjadi sukarelawan untuk tentara Bavaria sebagai seorang penduduk Austria. Hitler yang diposisikan pada Bavarian Reserve Infantry regimen ke-16 ditugaskan menjadi seorang penyampai pesan di sisi barat depan, di Prancis dan Belgia. Hitler sendiri sudah mengikuti perang pertama Ypres, perang Somme, perang Arras, dan perang Passchendaele. Hitler yang sempat terluka di Somme kemudian diberikan iron cross akan keberaniannya pada tahun 1914. Pada tanggal 15 Oktober 1918, Hitler terkena serangan gas beracun dan harus dirawat di Pasewalk, dimana Hitler akhirnya tahu tentang kekalahan Jerman di Perang Dunia I.

Di tahun 1919, Hitler kembali ke Jerman dan ditunjuk sebagai agen intelijen dari sebuah Aufklarungskommando (pasukan pengintai) dari Reichswehr. Tugas yang diberikan kepada hitler adalah untuk mempengaruhi tentara lain dan menginfiltrasi Partai Pekerja Jerman (DAP). Ketika sedang memonitor aktivitas DAP inilah Hitler mulai tertarik dengan pandangan antisemitis, nasionalis, antikapitalis, dan antiMarxist dari pembentuk partai tersebut, Anton Drexler. Pada satu masa saat ia sedang ada dalam pertemuan DAP, Hitler tertarik untuk memberi pidato, dan Drexler sangat terpukau dengan kemampuan berorasi Hitler sehingga mengajaknya bergabung pada tanggal 12 September 1919, yang kemudian disetujui oleh Hitler.

Saat bergabung di DAP, Hitler bertemu dengan Dietrich Eckart, salah satu pendiri partai dan anggota Thule Society. Eckart kemudian menjadi mentor Hitler, bertukar ide dan memperkenalkan Hitler pada kehidupan sosial di Munich. Untuk meningkatkan popularitas, DAP kemudia mengganti nama mereka menjadi Partai Sosialis Nasional Pekerja Jerman (NSDAP) dimana Hitler membuat desain swastika pada lingkaran putih dengan warna latar merah. Pada tahun 1923, Hitler meminta bantuan dari jendral Perang Dunia I, Erich Ludendroff, untuk melaksanakan sebuah kudeta yang dikenal dengan Beer Hall Putsch, dimana kudeta ini berakhir dengan penangkapan Hitler pada 11 November 1923 dan dihukum penjara selama lima tahun.

Pada masa ia dipenjara inilah, sebuah kumpulan buku tulisannya yang berjudul Mein Kampf (perjuanganku) ditulis. Buku ini didedikasikan kepada Dietrich Eckart, dan merupakan sebuah otobiografi serta eksposisi ideologi Hitler. Buku ini sendiri terpengaruh oleh buku berjudul The Passing of the Great Race yang ditulis oleh Madison Grant, yang dianggap alkitab oleh Hitler. Sejarah Nazi dan Adolf Hitler mulai tertulis di buku sejarah sejak jatuhnya pasar saham Amerika pada 24 Oktober 1929 yang berdampak besar terhadap Jerman. Hitler dan NSDAP bersiap untuk menggunakan kepanikan ini dan akhirnya menjadikan Nazi sebagai partai terbesar di Reichstag.

Hitler ditunjuk menjadi kanselir Jerman oleh Paul von Hindenburg pada 30 Januari 1933 karena tekanan dari politisi, orang-orang industri, dan komunitas bisnis. Kejadian ini mendorong Hitler mengganti pemimpin dari setiap organisasi sipil menjadi orang-orang Nazi. Pemerintahan Hitler dan Nazi mulai menjadi sebuah pemerintahan yang kejam menyusul terjadinya Perang Dunia II yang mereka kobarkan. Banyak warga sipil Jerman yang tewas, dan banyak lagi yang menjadi korban kelam holocaust. Berakhirnya Sejarah Nazi dan Adolf Hitler terjadi ketika Jerman mengalami kekalahan besar-besaran yang mendorong Hitler menarik pelatuk pistolnya dan mengakhiri nyawanya sendiri di ruangan pribadinya.