Peristiwa Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Peristiwa Sejarah Proses Masuknya Islam di Indonesia — Sepeninggalan nabi agung Muhammad SAW tepatnya pada 632 M silam, kepemimpinan agama Islam tidak berhenti begitu saja. Kepemimpinan Islam diteruskan oleh para khalifah dan disebarkan ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Islam di indonesia tidak hanya muncul atau lahir begitu saja, pasti memiliki proses dalam masuknya dan berkembangnya islam di indonesia Proses Masuknya islam di indonesia awalnya mulangi disaat indonesia menjadi pusat perdagangan, para pedagang  Arap, Persia, dan Gujarat, singgah dan melakukan hubungan dagang dengan penduduk indonesia.

Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Para pedagang tersebut tinggal di pusat-pusat perdagangan untuk beberapa saat karena mereka harus menanti arah angin yang tepat dan hanya terjadi setiap setengah tahun untuk kembali ke negaranya. Selama mereka tinggal di indonesia terjadilah pergaulan dengan para pedagang indonesia. Dalam proses interaksi tersebut, para pedagang islam mulai memperkenalkan ajaran agama islam pada masyarakat indonesia.

Penduduk Indonesia yang saaat itu memeluk agama Hindu-Buddha dan ajaran animisme, mulai tertarik dengan agama islam. Agama baru tersebut mengajarkan tauhid (keesan tuhan) dan prinsip persamaan derajat. Hal itu berbeda denga ajaran hindu yang menekankan perbedaan dalam masyarakat berdasarkan sistem kasta sehingga banyak di antara pra pedagang pribumi mulai menganut agama islam. Selanjutnya para pedagang muslim dari Arap, Gujarat, dan Cina yang tinggal di pusat-pusat perdagangan indonesia dalam waktu yang cukup lama ada yang menikah dengan penduduk setempat. Proses perkawinan semacam itu akhirnya mempercepat perkembangan islam di Indonesia.

Teori-Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia

Terdapat 3 teori mengenai proses masuk dan berkembangnya agama di indonesia, teori gujarat, teori mekah,dan teori persia.

1. Teori Gujarat

Teori ini berpendapat bahwa agama islam masuk ke indonesia pada abad ke -13 dan pembawanya berasal dari gujarat (Cambay), India. Dasar dari teori ini adalah adanya hubungan dagang indonesia dengan india melalui jalur indonesia-Gujarat-Timur Tengah-Eropa dan adanya batu nisan sultan samudra pasai Malik AL Saleh yang bercorak khas gujarat.

2. Teori Mekah

Teori ini merupakan teori baru yang muncul sebagai sanggahan terhadap teori gujarat. Teori mekah berpendapat bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke -7 dan pembawanya berasal dari Arab (mesir). Dasar teori ini adalah pada abad ke -7 di pantai barat sumatera sudah terdapat perkampungan orang islam (Arap).

3. Teori Persia

Teori ini berpendapat bahwa islam masuk ke indonesia abad ke -13 da pembawanya berasal dari Persia (Iran). Dasar teori ini adalah kesamaan budaya persia dengan budaya masyarakat islam Indonesia, seperti peringatan 10 muharram atau Asyura atas meninggalnya hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad yang dilakukan di Sumatera Barat dengan upacara Tabut.

Proses Masuknya Islam ke Nusantara

Masuknya islam di Indonesia berlangsung secara damai dan menyesuaikan dengan adat serta istiadat penduduk lokal. Ajaran islam yang tidak mengenal perbedaan kasta membuat ajaran ini sangat diterima penduduk lokal. Proses masuknya islam dilakukan melalui cara berikut ini.

1. Perdagangan

Letak Indonesia yang sangat strategis di jalur perdagangan di masa itu membuat Indonesia banyak disinggahi para pedagang dunia termasuk pedagang muslim. Banyak dari mereka yang akhirnya tinggal dan membangun perkampungan muslim, tak jarang mereka juga sering mendatangkan para ulama dari negeri asal mereka untuk berdakwah. Hal inilah yang diduga memiliki peran penting dalam penyebaran ajaran Islam di nusantara.

2. Perkawinan

Penduduk lokal beranggapan bahwa para pedagang muslim ini adalah kalangan yang terpandang, sehingga banyak penguasa pribumi yang menikahkan anak mereka dengan para pedagang muslim. Sebagai sayarat sang gadis harus memeluk islam terlebih dahilu, hal inilah yang diduga memperlancar penyebaran ajaran islam.

3. Pendidikan

Setelah perkampungan islam terbentuk, mereka mulai mendirikan fasilitas pendidikan berupa pondok pesantren yang dipimpin langsung oleh guru agama dan para ulama. Para lulusan pesantren akan pulang ke kampung halaman dan menyebarkan ajaran islam di daerah masing-masing.

4. Kesenian

Wayang merupakan warisan budaya yang masih terjagan hingga saat ini, dalam penyebaran ajaran islam wayang memiliki perang yang sangat konkrit. Contohnya sunan kalijaga yang merupakan salah satu tokoh islam menggunakan pementasan wayang untuk berdakwah.

Nah, demikianlah itu tadi artikel tentang Sejarah Peristiwa Proses Masuknya Islam di Indonesia, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda seputar Sejarah Islam di Indonesia.