Peristiwa Nyeleneh Sepanjang Sejarah MotoGP

Peristiwa Pembalap Nyeleneh Sepanjang Sejarah MotoGP — Gelaran Balapan paling populer sedunia musim 2015 ini akan segera berakhir, Persaingan dan aksi-aksi dari para pembalap MotoGP 2015 ini pun semakin sengit, terutama Valentino Rossi (46) dan Jorge lorenzo (99). Terlepas dari itu, Sepanjang musim ini terjadi beberapa aksi menarik dari pembalap-pembalap pesaing lain yang mampu memancing komentar pecinta MotoGP dari berbagai negara.

 motogp 2015

Salah satu kejadian menarik dan akan terus diingat yang muncul di tahun ini adalah insiden kecelakaan Marc Marquez di Sirkuit Sepang Malaysia. Pembalap dari tim Repsol Honda tersebut jatuh setelah disenggol Valentino Rossi. Usai balapan, komentar pro dan kontra terus bermunculan. Kejadian ini sukses menyamai atau bahkan melebihi popularitas aksi-aksi nyeleneh di tahun-tahun sebelumnya.

Sekadar mengingatkan, berikut tujuh aksi nyeleneh para rider yang tercatat dalam sejarah MotoGP:

1. Pada 1999 lalu sosok Valentino Rossi sudah jadi perhatian pecinta lomba balap motor dari berbagai penjuru dunia. Saat itu Rossi yang tampil di kelas 250cc sering memenangkan perlombaan hingga dikagumi oleh banyak orang.

Gara-gara hal tersebut, sempat terjadi peristiwa besar di Sirkuit Mugello Italia. Ratusan penonton tiba-tiba turun ke lintasan untuk mengerubungi Rossi yang kala itu sukses memenangkan balapan.

Rossi yang masih berada di atas motor berhasil lolos dari kepungan para penggemarnya. Namun dia malah menabrak seorang juru kamera yang melintas di hadapannya. Rossi jatuh dan jadi tontonan banyak orang. Ketika berdiri, ia kembali tancap gas dan peristiwa itu jadi salah satu yang paling dikenang sepanjang sejarah.

2. Di tahun yang sama, Rossi juga melakukan aksi yang cukup menggelikan. Usai memenangkan balapan di Sirkuit Jerez Spanyol, ia langsung menepikan motornya ke pinggir lintasan. Rossi lalu berlari ke dalam toilet yang ada di sekitar sirkuit.

3. Pada GP Portugal 2004 giliran Marco Melandri yang menarik perhatian. Ia turun ke lintasan dengan kostum bermotif Spiderman.

Sayangnya, penampilan mencolok sang pembalap tidak diikuti dengan hasil yang membanggakan. Memulai balapan dari posisi tujuh, Melandri terpaksa menyudahi persaingan lebih cepat karena motornya mengalami masalah mesin.

4. Pada 2011 Jorge Lorenzo punya kisah unik saat merayakan kemenangannya di Sirkuit Jerez, Spanyol. Saat itu ia terpeleset saat sedang berlari di pinggir lintasan. Akibatnya Lorenzo nyemplung ke dalam kolam dan peristiwa itu sukses membuat orang-orang tersenyum lebar.

Empat tahun kemudian, Lorenzo ingin mengulang hal bodoh yang pernah dialaminya. Namun pembalap Movistar Yamaha itu membatalkan niatnya untuk menceburkan diri ke dalam kolam yang ada di Sirkuit Jerez.

5. Mendiang Marco Simoncelli dikenang sebagai salah satu pembalap yang cukup liar saat berada di atas lintasan. Ia dikenal sangat nekat dan karena gaya balapnya itu Simoncelli sering menyusahkan para pembalap lain.

Pada GP Prancis 2011, Dani Pedrosa menjadi korban dari keganasan Simoncelli. Di lap keempat, Super Sic tidak memberi ruang untuk Pedrosa hingga akhirnya pembalap mungil kebangsaan Spanyol tersebut jatuh dan gagal menuntaskan balapan. Dalam tayangan ulang, terlihat ban depan Pedrosa menyentuh bagian belakang motor Simoncelli.

Sayangnya aksi brutal Simoncelli tak bisa lagi disaksikan pecinta MotoGP. Pada 23 Oktober 2013, ia meninggal setelah mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Sepang Malaysia.

6. Balapan di Sirkuit Assen Belanda tahun ini tak bakal dilupakan Marc Marquez dan Valentino Rossi. Kedua pembalap yang saat itu sedang memperebutkan podium tertinggi di Negeri Kincir Angin, saling susul-menyusul hingga memperlihatkan manuver yang cukup berbahaya.

Pada lap terakhir, Marquez dibuat kesal oleh Rossi. Pembalap berjuluk The Doctor itu keluar lintasan dan memotong jalur hingga akhirnya finis di posisi terdepan.

Marquez dan kubu Repsol Honda menuduh Rossi curang karena sengaja memotong lintasan. Namun Rossi terpaksa keluar jalur karena saat itu ia dipepet oleh Marquez sehingga membahayakan keselamatannya.

7. Persaingan Rossi vs Marquez berlanjut di Sirkuit Sepang Malaysia. Pada lap ketujuh, Marquez jatuh dan Rossi dijadikan sebagai biang keladi.

Dalam tayangan lambat, kaki Rossi terlihat bergerak saat The Baby Alien tersungkur keluar lintasan. Akibat insiden ini Rossi menerima hukuman yang berlaku di GP Valencia 8 November mendatang. Pada seri terakhir itu, The Doctor harus memulai balapan dari posisi paling belakang.